KENDAL POL PP OPS CUKAI 270318

Satuan polisi pamong praja Kabupaten Kendal menggelar operasi gabungan cukai tembakau bersama dinas perdagangan, Dinkop Ukm, dan Bagian Perekonomian Setda di wilayah kecamatan Kota Kendal dan Patebon, Selasa (27/3/2018).

Operasi dipimpin Kabid Penegakan Perda Rr Dian Indriasari SH MH dan Kasi Pengendalian Operasional Moh Fatkhurahman SH ME.

Menurut Kabid Penegakan Perda Dian Indriasari, operasi dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan menertibkan penggunaan barang kena cukai di Kabupaten Kendal.

“Operasi ini kami laksanakan sebagai tindaklanjut keputusan bupati kendal nomor 525/06/2018 tentang pembentukan tim operasi gabungan cukai tembakau Kabupaten Kendal tahun anggaran 2018,” kata Dian.

Operasi dimulai dari Jalan Laut Kendal menuju TPI Bandengan dan Karangsari dilanjutkan ke Kelurahan Balok – Desa Wonosari-Purwosari dan kembali Kota Kendal.

“Di beberapa kios kami menemukan indikasi cukai palsu dan bahkan ada beberapa rokok tanpa cukai dengan merk yang kurang dikenal, Selain itu juga menemukan beberapa rokok yang sudah tidak layak dikonsumsi dan harus ditarik dari peredaran karena tahun pembuatannya kedaluwarsa,” jelas Kasi Pengendalian Operasional Moh. Fatkhurahman.

“Dari hasil operasi di Kaliwungu, Brangsong, Ngampel, dan Pegandon beberapa waktu lalu kami juga temukan rokok tanpa cukai dan rokok tidak layak konsumsi. Di kios2 dan toko kecil jadi nggak begitu banyak mas, hanya bbrp bungkus di tiap kios,” tambahnya.

“Kami nggak mengamankan mas, hanya memantau di lapangan dan langsung melaporkan saat itu juga kepada bea cukai disertai lokasi google map, bea cukai yg berwenang. Kami penegak perda, cukai tidak diatur di Perda, “jelasnya.(*)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*