SUSI MENTERI REMBANG 081217

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berkunjung ke Rembang dan hadir di tengah-tengah masyarakat tepatnya di alun-alun Rembang, Kamis (7/12/2017) malam.   Orang nomor satu di Kementrian Kelautan dan Perikanan itu menghibur masyarakat dengan menggelar pagelaran wayang kulit dengan lakon Pandawa Layar dan Bupati Tegal Ki Entus sebagai dalangnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Susi menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit merupakan bentuk tasyakuran bangsa karena sudah berhasil mengusir puluhan ribu kapal asing dari wilayah perairan Republik Indonesia. Sejak dibentuknya satgas 115, sedikitnya ada 10 ribu kapal asing yang sudah berhasil dipukul mundur, dan sebagian ditenggelamkan.

“Sebetulnya saya sudah lama merencanakan pagelaran wayang kulit ini. Utamanya saat tiga bulan yang lalu saat saya berada di Pangandaran ditempat saya tinggal saya juga mengadakan kegiatan seperti ini, saya pikir ini bisa digelar wilayah nelayan yang lain,” ujar Susi.

Susi juga mengungkapkan bahwa ide menenggelamkan kapal sebenarnya bukan dari dirinya. Tapi ketegasan itu berdasarkan amanat undang-undang perikanan pasal 45 tahun 2009.

Berkat menciutnya nyali kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia, Susi mengklaim jumlah ikan saat ini semakin banyak. Laut arapura dan laut Natuna Sulawesi yang dulu penuh kapal asing sekarang bersih, nelayan lokal lebih sejahtera karena ketersediaan ikan yang melimpah.

Lebih lanjut menindaklanjuti keinginan Presiden Jokowi terkait kelestarian ikan bisa terus ada ke beberapa generasi. Kelestarian populasi ikan untuk anak cucu ada dipundak generasi saat ini.

“Ikan ini harus banyak, dari kita stop ilegal fishing ikan, dari 6,5 juta sekarang sudah meningkat menjadi 12,5 juta ton. Saya ingin ini tetap terjaga, kalau bapak tau ada kapal asing menangkap ikan di Indonesia laporkan,” ujarnya.

Demi masa depan dan keberlangsungan usaha rakyat, Iapun menitipkan laut kepada seluruh elemen bangsa. Jangan sampai laut justru dirusak oleh bangsa Indonesia sendiri.

Sementara itu Bupati Rembang H Abdul Hafidz menyampaikan terima kasih atas kedatangannya, dan sudah berkunjung di Kabupaten Rembang.

“Saya atas nama masyaratan Kabupaten Rembang mengucapkan selamat dan dan terima kasih atas kunjungannya di Kabupaten Rembang” kata Bupati Rembang Rembang saat menyambut kehadiran Mentri Susi Pudjiastuti beserta rombongan.

Selain Mentri KKP, dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut mendampingi Menteri Susi. Dan dalam kesempatan itupun Menteri, Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Bayu Andriyanto makan ikan bersama sebelum wayang kulit dimulai.(gm*)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*