KENDAL 210316

KENDAL, gemamuria.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D hari ini, Senin (21/3) mencanangkan program Lapas Terbuka II B Kendal sebagai Lapas Produktif atau Lapas Industri satu satunya di Jawa Tengah bahkan di Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Hukum dan HAM terus berinovasi dengan melakukan berbagai upaya yaitu pemberdayaan Warga Binaan Pemasyarakatan pada Lembaga Pemasyarakatan dengan harapan lapas dapat memproduksi suatu produk tertentu dengan mengembangkan potensi pada masing masing sumber daya pada lapas, demikian disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Lebih lanjut Yasonna mengatakan di Lapas Kelas II B Kendal ini, terdapat lahan subur seluas 107,5 hektar yang dapat dikembangkan, sebagian besar lahan seluas 53 hektar sudah dimanfaatkan untuk tambak dan ternak udang serta untuk lahan perkebunan dan budidaya seperti buah naga, kelengkeng, jambu, jeruk, pepaya dan pisang raja bulu, sehingga masih ada 50 hektar lebih yang masih dapat dimanfaatkan baik untuk pertanian, perikanan maupun perkebunan.

Yasonna menambahkan untuk mewujudkan Lapas Produktif ataupun lapas industri ini tentunya dibutuhkan peran serta dari berbagai pihak. oleh sebab itu Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham khususnya Jawa Tengah menggandeng beberapa pihak swasta seperti PT Jamu Jago, PT Sido Muncul maupun PT Djarum Kudus untuk turut serta berpartisipasi dengan memanfaatkan lahan, seperti menanami berbagai macam tanaman dan perikanan dengan mengkaryakan warga binaan lapas. tentunya dengan didasarkan pada nota Kesepahaman, ungkapnya.

Dengan adanya kerjasama ini diyakini dapat memberikan beberapa keuntungan terhadap investor, salah satunya dengan mendapatkan pasokan bahan baku dari memanfaatkan lahan lapas tanpa harus memikirkan biaya tenaga kerja, dan warga binaan lapas juga nantinya akan mendapatkan ketrampilan sebagi bekal hidup usai menjalani masa pidananya, pungkasnya.

Sementara Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa,MSi sangat mendukung Lapas kelas II B Kendal ditunjuk untuk pertama kalinya sebagai lapas produktif atau lapas industri. Dengan harapan dari hasil hasil produksi yang dihasilkan tidak akan sia sia dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Kendal, tegasnya. (gm-l

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*