271016-rembang-omahlondo

REMBANG, gemamuria.com – Lasem akan kembali menghadirkan acara unik yang bertajuk Lasem Interaktive Festival atau LIFE di omah Londo, kecamatan Lasem. Acara yang digelar dua hari, dari tanggal 29 sampai 30 Oktober 2016 itu digagas oleh tim Inovatif Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Bekraf menerjunkan tim di lima kota secara serentak. Selain di Rembang empat tim juga ditugaskan di Sawahlunto, Lampung, Brebes dan Ngada-Flores. Setiap tim IKKON ada sepuluh orang terdiri atas desaine, arsitek, antropolog, fotografer dan videografer.

Ketua Tim IKKON Rembang, Sarah Monica menjelaskan bahwa event LIFE merupakan acara puncak setelah empat bulan mulai Juli lalu timnya terjun ke Lasem. Dalam acara itu mereka akan menampilkan produk hasil research selama di Lasem.

“Dibulan Oktober ini kami membuat pameran produk yang telah kami buat dari hasil research di bulan pertama. Kemudian hasil kolaborasi kami di bulan agustus dan penciptaan di bulan September, bulan ini kami memamerkan produk hasil kolaborasi kami dengan pengrajin batik, kayu, bambu dan kunigan di Lasem,”ujar Sarah yang juga seorang Antropolog itu.

Di tanggal 29 Oktober besok acara lebih kepada undangan Instansi, awak media dan pengrajin yang selama ini telah berkolaborasi dengan IKKON.  Sedangkan tanggal 30 Oktober selain pameran juga ada pertunjukkan seni budaya yang ada di Lasem, seperti tari, pantomim, dramatik reading dan puisi yang tentang Lasem.

“Hari ini kami membuat bale-bale dari bambu untuk audien yang akan menonton. Kami konsepnya komunal dan suasananya sangat Lasem,”tandasnya.(gm-01)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*