230816 kendal

KENDAL, gemamuria.com – Kabar gembira bagi penggemar traveling, mulai hari ini, Selasa (23/8), Pelabuhan Tanjung Kendal sudah mulai membuka Pengoperasian Lintas Kendal hingga Karimunjawa Jepara. Selain peresmian, hari ini juga dilakukan pelayaran Perdana dengan menggunakan Kapal Bahari Express II c dengan jumlah sekitar 50 penumpang pertama menuju Karimunjawa.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dishubkominfo Jawa Tengah, Satriyo Hidayat dilanjutkan dengan peninjauan Kapal. Hadir dalam acara tersebut Direktur PT Pelayanan Sakti Inti Makmur, General Manajer PT Angkasa Pura I Semarang, Kepala Disbudpar Jateng, Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur, Forkopimda Kendal, Para Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD se Kabupaten Kendal, para Pimpinan BUMN/BUMD serta tokoh masyarakat.

Kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Subarso mengatakan jika jarak tempuh dari Pelabuhan Kendal sampai Karimunjawa hanya memerlukan waktu lebih kurang 3 jam yang akan dioperasikan oleh Kapal Bahari Express IIc, dan akan melayani perjalanan satu minggu dua kali. “berangkat dari Kendal tiap hari Selasa, jam 10.00 Wib, pulang ke Kendal hari Rabu, sedangkan hari lainnya yaitu hari Jumat jam 09.00 Wib, pulang ke Kendal hari Minggu,”jelas Subarso.

“Kapal Bahari Express II c ini bisa menampung 351 penumpang, yang terbagi atas kelas VIP dan Excecutive. Untuk Kelas VIP jumlah kursinya sebanyak 50 unit dengan banderol Rp 260 ribu tiap penumpang, sedangkan Executive Rp 230 ribu per orang. Semoga ke depan akan mendorong peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Kendal,”lanjutnya.

Wakil Bupati, Masrur Masykur yang turut hadir menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Kendal masih mencari calon investor yang bisa diharapkan untuk membangun pelabuhan curah, sebagai bagian dari persiapan menjadikan Tanjung Kendal sebagai pelabuhan Internasional. Apalagi nantinya ada Kawasan Industri Kendal, pastinya kedepan Kendal akan semakin dibutuhkan, ungkapnya.

Sementara Kadishubkominfo Jateng, Satriyo Hidayat mengatakan dengan dibukanya rute Kendal Karimunjawa akan menambah pilihan alat transportasi. “Sebelumnya rute ke Karimunjawa dilayani dari Pelabuhan Tanjung Emas maupun Pelabuhan Jepara, kali ini dari Kendal bisa melayani sebanyak dua kali dalam seminggu. Dengan banyaknya pilihan alat transportasi ini diharapkan wisatawan yang ke pulau Karimunjawa bisa tinggal lebih lama,” ungkapnya.(gm-01)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*