REMBANG 061217

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz dan Sekda Rembang Subakti, menjenguk Kasnadi (57) dusun Majasem desa Kedungasem Kecamatan Sumber, Rabu (6/12/2017). Lelaki paruh baya tersebut telah mengalami kelumpuhan selama puluhan tahun. Bupati mengetahui keadaan ini dari program talkshow Halo Bupati di salah satu studio Radio swasta di Rembang.

Pada program talkshow Halo Bupati di salah satu studio Radio swasta, Selasa (5/12/2017) malam, Kasnadi menelpon dan menyampaikan keluhan penyakitnya. Dari situ Bupati langsung mengambil tindakan cepat untuk mengunjungi Kasnadi dan menginstruksikan dinas terkait untuk segera menindaklanjutinya.

Sehari-hari Kasdani tinggal sebatang kara di rumah yang kondisinya memprihatinkan. Sedangkan untuk kehidupan sehari-haripun hanya bisa menunggu uluran tangan dari para tetangga.

Saat bertemu dengan Kasnadi, bupati tak segan untuk menyuapi makan kue lapis sembari berbincang-bincang dengan penuh keprihatinan. Tak lama kemudian bupati memberikan sumbangan kepada Kasnadi yang hanya bisa berbaring di tempat tidurnya.

Salah satu yang ditanyakan oleh orang nomor satu di Rembang itu yakni tentang bagaimana Kasnadi sholat. Pertanyaan itu pun dijawab dengan berbaring Kasnadi tetap menunaikan ibadah sholat lima waktu.

Bupati mengungkapkan bahwa kedatangannya ke rumah Kasnadi berawal dari acara talkshow program Halo Bupati di salah satu radio swasta di Rembang yang memang rutin dilaksanakan setiap tanggal 5. Pihaknya pun selalu menindaklanjuti secara cepat berbagai keluhan dari masyarakat yang disampaikan di dalam talkshow, termasuk yang berkaitan dengan sosial, seperti di bulan November lalu saat mengunjungi Lia Rusmiati (50) warga dusun Tegalsari desa Sulang yang lumpuh sejak 10 tahun yang lalu .

Saat ditanya bantuan apa yang diberikan, Bupati yang juga didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DInsos PPKB) Sri Wahyuni dan Kabag Humas Kukuh Purwasana menyebutkan sementara ini bantuan yang bisa diberikan berupa beras dan selimut. Kemudian untuk bantuan jangka panjangnya pemkab akan memberikan bantuan tiap bulan sekitar 200 sampai Rp. 300 ribu. Rumah yang ditempati pun secepatnya akan diperbaiki mengingat rumah tempat dimana Kasnadi tinggal dinilai tidak layak huni.

“Untuk bantuan jangka pendeknya kita berikan beras dan selimut. Nah untuk bantuan jangka panjangnya pemerintah akan memberikan bantuan berupa uang antara Rp. 200 ribu sampai Rp. 300 ribu. Rumahnya dalam waktu dekat ini juga akan kita perbaiki mungkin tidak sampai bulanan, langsung kita perbaiki,” ujarnya. (*)

 

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*