jamnas (2)KUDUS, gemamuria.com – Sebanyak 40 orang peserta yang tergabung dalam kontingen Jambore Nasional X tahun 2016 asal Kudus dilepas oleh Bupati Kudus, di pendopo kabupaten, Kamis (11/8). Jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang.

Yang tujuannya sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta. Yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Kontingen Kudus terbagi dalam empat regu, dua regu putra dan dua regu putri. Dengan masing-masing regu terdiri dari delapan anggota. Ditambah dengan empat orang pembina pendamping dan empat pimpinan kontingen. Semuanya akan mengikuti jamnas selama delapan hari di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta, yang dimulai Minggu (14/8).

Prestasi membanggakan telah diukir oleh pramuka penggalang asal Kudus ini. Yaitu sebagai yang terbaik di Jawa Tengah pada Jambore Daerah yang digelar tahun 2015 lalu. Tentunya, prestasi di level nasional diharapkan bisa dicapai pada Jamnas tahun ini.

”Kalian merupakan anggota pramuka yang terpilih diantara ribuan pramuka di Kudus. Saya berharap dapat menorehkan prestasi di level Nasional ini,” harap Bupati Kudus H. Musthofa yang juga sebagai Ketua Mabicab Pramuka Kudus.

Kamabicab juga mengingatkan bahwa para penggalang ini merupakan kader penerus di masa depan. Untuk itu, dengan mengikuti pramuka bisa sebagai ajang menggembleng diri. Baik secara mental, spiritual, maupun intelektual harus benar-benar terasah untuk menjadi prodari berkualitas dan tangguh.

Pada gelaran pramuka penggalang nasional yang digelar lima tahun sekali ini, Kak Musthofa mengingatkan pada para peserta agar membawa nama baik Kudus. Dengan posisi sebagai duta dari Kudus harus bisa menunjukkan kekompakan dan keterampilan selama mengikuti kegiatan.

”Kalian akan bertemu dengan pramuka dari seluruh penjuru tanah air. Maka tunjukkan prestasimu sebagai duta pramuka dari Kudus,” pesannya.

Di akhir sambutan, Kak Musthofa juga memohon doa dari seluruh orang tua yang turut hadir di pendopo. Karena menurutnya keberhasilan anaknya tidak lepas dari dukungan moral dari orang tua. Karena ini untuk masa depan generasi penerus kelak sebagai pemimpin di masa mendatang.(gm-r)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*