bnn 041215

JAKARTA, gemamuria.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengamankan seorang kurir berinisial TL (pria, 35 thn) yang membawa sabu seberat 161.115,2 gram di daerah Karawang, Kamis (19/11). Sabu tersebut diangkut dari Surabaya menuju Jakarta.

Pengungkapan kasus ini berawal dari penyelidikan tentang adanya transaksi narkoba di daerah Surabaya. Kuat dugaan narkoba tersebut akan dibawa ke Jakarta.

Pada tanggal 19 November 2015, petugas telah melakukan pengintaian terhadap sebuah mobil box yang mencurigakan. Saat mobil box tersebut menepi di sebuah SPBU Rest Area KM 42, Jalan Tol Cikampek, Karawang Barat, petugas langsung menyergap TL sang kurir dan SA sang pengemudi mobil box.

Di TKP, petugas juga melakukan penggeledahan di dalam mobil box yang ditumpangi tersangka. Petugas menemukan enam buah kardus warna coklat dan di setiap kardus tersebut di dalamnya terdapat tas koper warna hitam. Dari enam kardus tersebut total sabu yang disita petugas adalah 161 kg.

Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan ke sebuah apartemen di kawasan Ancol Jakarta Utara. Saat akan mengamankan seorang tersangka berinisial BC (seorang pria WNA Tiongkok), BC mencoba melarikan diri dengan cara melompat dari jendela apartemen hingga luka parah yang akhirnya tewas di rumah sakit.

Menurut keterangan TL, ia mengambil sabu tersebut dari kurir lainnya yang kini masih dalam pengejaran aparat. Selama ini, TL mengaku sudah lima kali melakukan pekerjaan haram ini.

Sebelumnya, ia biasa mengambil sabu dalam jumlah kisaran 1-2 kg. Namun dalam pengambilan kali ini, ia nekat membawa sabu yang berkali lipat lebih besar. Oleh pengendalinya, ia dijanjjikan akan mendapatkan upah sebesar Rp 30 juta namun baru mendapatkan Rp 7 juta.

Atas perbuatannya, TL harus berhadapan dengan hukuman yang sangat berat. TL telah melanggar pasal Primer Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Subsider Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Narkotika No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Hasil kerja keras petugas melalui pengungkapan 161 kg sabu ini telah menyelamatkan sedikitnya ±644.460 anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba.(gm01)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*